THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sunday, May 15, 2011

日本語学習 Nihongo gakushū

okaeri minna-san.. ayo kita belajar bahasa jepang lagi ^-^
kali ini kita belajar mulai dari sistem penulisan terlebih dahulu, oK 

Sistem Penulisan

penulisan dalam bahasa Jepang umumnya dituliskan menggunakan hiragana dan katakana. Keduanya secara kolektif disebut kana. Setiap huruf hiragana memiliki pasangannya pada katakana, sebagaimana huruf kecil pada bahasa Indonesia memiliki padanan huruf besarnya. Jumlah hiragana dan katakana masing-masing tidak sampai 50. Semuanya sebetulnya adalah huruf China yang disederhanakan dan diadopsi untuk keperluan fonetis.  

Hiragana 平仮名

Huruf Hiragana adalah Huruf yang digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari Jepang asli yang tidak memiliki Huruf Kanji-nya. Misalnya untuk menulis Kata Bantu (Partikel), perubahan Kata Kerja, perubahan Kata Sifat dan masih banyak lagi.
Seperti anak-anak di Jepang yang mulai masuk sekolah, pelajar asing yang belajar Bahasa Jepang mulai belajar tulisan Jepang dari Huruf Hiragana dulu.


berikut adalah tabel dari huruf Hiragana :

hiragana chart

Katagana カタカナ
Huruf Katakana biasanya dipakai untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa Asing selain dari China. Misalnya Kata Serapan dari Bahasa Inggris, nama orang asing (misalnya nama kita, orang Indonesia), kita harus menulisnya menggunakan huruf Katakana ini. 

Berikut ini adalah Tabel huruf Katakana :

katagana Chart





 Huruf Kanji
dalam bahasa jepang, hampir semua nomina dan akar dari verba serta adjektiva di tulis dalam bahasa Cina yang disebut Kanji, namun tidak semua kata di tulis dalam bahasa Kanji. sebagai contoh, verba "melakukan" sebetulnya dapat ditulis Kanji. namun selalu ditulis dalam hiragana. Untuk menentukan apakah suatu kata harus di tulis menggunakan Kanji atau hiragana, perlu pertimbangan kata per kata dan pengetahuan bagaimana suatu kata biasanya di tulis.

Untuk mempelajari Kanji lebih lengkap, teman2 bisa mengunjungi tutorial web ala Jim Breen's WWWJDIC. situs tersebut punya diagram urutan guratan untuk 1.945 kanji jouyou (hampir seluruh kanji yang akan teman2 jumpai). terutama bagi yang baru memulai belajar. tentu sangat susah sekali menghafalkan guratan2 nya. semoga dapat membantu yach !

Dalam bahasa Jepang, ada dua pengucapan huruf Kanji, yakni On-yomi yang disebut pengucapan alan cina dan Kun-yomi yakni pengucapan secara jepang.

berikut beberapa kosakata dalam Kanji :
kanji chart


oya.., untuk tutorial mandiri dalam belajar penulisan bahasa jepang. teman2 dapat mendowload dari sini. Ganbatte Kudasai minna..

Intonasi dan pelafalan 
Lafal Bahasa Jepang pada dasarnya sama dengan Bahasa Indonesia. Bunyi huruf vokal /a/, /i/, /u/, /e/, /o/ sama seperti Bahasa Indonesia. Tapi untuk bunyi vokal /e/, bunyinya khusus untuk bunyi seperti becak, cewek, dan yang lain-lain. Lafal Bahasa Jepang juga tidak seperti huruf Alfabet, tapi berdasarkan suku kata. 
Membedakan suara tinggi dan rendah adalah hal yang penting bagi bahasa Jepang lisan. Sebagai contoh, homofon bisa memiliki tinggi rendah suara yang berbeda sehingga jika diucapkan bunyinya berbeda walaupun bentuk tertulisnya sama. Halangan terbesar untuk berbicara dengan benar dan alami adalah masalah intonasi. Akan menyulitkan jika teman2 berusaha menghafal intonasi tiap kata, apalagi karena intonasi bisa berubah bergantung konteks dan logat wilayah. Satu-satunya cara yang praktis untuk menguasainya adalah dengan latihan meniru orang Jepang berbicara lewat acara anime, drama, dan media-media lainnya.

berikut adalah beberapa lafal dalam bahasa jepang
lafal bahasa jepang


 
agar lebih membantu teman2 lancar dalam pelafalan bahasa jepang, teman2 dapat Latihan mandiri dengan mendownload program latihan pengucapan lafal bahasa Jepang di sini .

sambil teman2 belajar, tak ada salahnya latihan menulis huruf hiragana dan katagana, bagi teman2 yang ingin mencoba soal latihannya,klik di sini yach

jika masih dalam tahap dasar, teman2 bisa belajar terlebih dahulu cara menulis huruf hiragana. Untuk mendownload soal latihan dalam format PDF di sini. sedangkan untuk latihan menulis huruf katagana dapat di unduh di sini.
 





1 komentar:

faznowitzky said...

素晴らしい、助かりました!
ありがとうm(_ _)m